Selasa, 26 Juni 2012

Psikologi Warna


Kadang, dihari yang panas beud, kita akan sejuk kalo melihat yang hijau-hijau. Entah itu daun, rumput, gadis cantik berbaju hijau, cendol... Memang warna hijau tidak akan bisa meniupkan angin sungguhan yang bisa membuat kita merasa ada kesegaran di bawah semangat matahari yang menyentuh kulit, tapi, inilah yang namanya psikologi, memanipulasi pikiran manusia, dan membuat sesuatu yang "lain". Dengan psikologi warna, kita bisa menyampaikan pesan positif atau negatif, meningkatkan penjualan, bahkan bisa membantu atlet untuk berusaha lebih keras. Ok, hijau, bisa membuat sejuk dan teduh... Bagaimana dengan warna yang lain...? Ayo kita bekicot__________ 

Merah
Merah adalah warna yang paling emosional, sehingga sebagaimana orang lagi emosi, warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan frekuensi nafas. Warna merah dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga banyak restoran yang menggunakan warna merah, kayak McD, Pizza Hut, KFC, Wendy's. Merah adalah warna yang menarik perhatian, sehingga ahli dekorasi mengatakan kalau ada furniture yang berwarna merah, benda itu harus sempurna. Karena menarik perhatian itulah, data menunjukkan kalau mobil berwarna merah adalah mobil yang paling sering dicuri.
Kuning
Warna kuning adalah warna yang ceria dan hangat. Warna kuning sering membuat mata cepat lelah karena banyaknya cahaya yang dipantulkan untuk melihat warna kuning. Kuning membuat bayi mudah menangis, jadi jangan cat kamar bayi dengan warna kuning. Dengan warna kuning, orang akan lebih berkonsentrasi, dengan warna kuning orang jadi turun emosi. 

Biru
Warna biru lebih mengacu pada pria. Lihat aja produk yang ada tulisan "for Men", N*vea, C*ear, semuanya biru. Biru juga menggambarkan ketenangan, tapi kalau kebanyakan, kitanya yang malah bisa depresi. Ada juga penelitian yang menyatakan kalau karyawan akan lebih produktif jika ruang kerja mereka berwarna biru. Penelitian lebih unik lagi menunjukkan kalau atlet dapat mengangkat beban lebih berat pada ruangan bercat biru. Berlawanan dengan warna merah, warna biru malahan dapat menurunkan nafsu makan. Orang yang ingin diet disarankan sering menggunakan warna biru. Biru menggambarkan loyalitas, jadi kalau ingin ikut interview kerja, pakai pakaian biru. Sekarang, biru biasa dipakai pada perusahaan bisnis, karena itu tadi, produktif dan tidak invasif.

Hijau
Hijau menggambarkan kesehatan, uang, dan warna alam. Pekerja dengan lingkungan hijau lebih jarang kena sakit perut. Hijau warna yang menenangkan, makanya rumah sakit sering mengecat hijau supaya pasien rileks. Hijau juga membantu visi agar lebih jelas, makanya cat tembok pabrik biasanya hijau.

Ungu
Kami dari "UNGU!" Ungu adalah warna raja -jubah-, warna bangsawan, warna kekayaan, kesuksesan, dan kebijaksanaan. Karena jarang ada di alam, ungu juga berarti langka.

  
Coklat
Coklat dapat diandalkan, tapi juga warna yang membosankan, juga warna yang menggambarkan kesedihan dan kesendirian.

Pink
Pink adalah warna merah yang lebih muda. Sudah umum kalo pink adalah warna cinta dan romantis. Pink juga berarti kebaikan dan polos, jadi kalau mau nanya sesuatu, tanya dengan orang berbaju pink atau putih. Uniknya, di tim olahraga biasanya mengecat kamar ganti pemain musuh dengan warna pink untuk menurnkan semangat musuh mereka. Beberapa penjara untuk penjahat berbahaya biasanya di-cat dengan warna pink supaya tahanan tidak agresif dan lebih tenang. 

Orange
Orange membuat orang jadi tertarik, antusias, dan hati-hati. Orange adalah warna dari hampir semua hal yang asyik, bahagia, dan enerjik.


Putih 
Putih berarti murni, polos, kosong, dan luas. Putih membantu krativitas, makanya white board berwarna putih. Sering digunakan untuk manipulasi ruang. Anggota medis biasanya menggunakan warna putih untuk menggambarkan sterilitas. Pengantin pakai pakaian putih agar lebih saling percaya. Sayangnya cuma satu, warna putih mudah kotor dibandingkan dengan warna lain.
Hitam
Biasa sebagai simbol kejahatan, hitam juga berarti kekuatan. Hitam sering digunakan dalam fashion karena dapat membuat orang terlihat lebih langsing. Tapi rupanya, sering memakai pakaian berwarna hitam membuat orang mudah mengagumi kita. Hitam juga menandakan sesuatu yang berat dan serius. Mana yang lebih berat dari gambar ini?
Warna-warna seperti hitam, putih, perak, dan emas, biasanya digunakan pada barang-barang mahal untuk meningkatkan kepuasan pemiliknya. Coba lihat warna mobil, paling banyak hitam, putih, dan silver.

Itu tadi arti warna-warna dan seperti kata Vincent di tv "di balik warna, banyak cerita". Nah, kalo menurut kalian neh, apa sih arti warna-warna itu bagi kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar